PENGANTAR BISNIS
PROPOSAL USAHA KUE KERING
Disusun Oleh
:
NAMA : UMMU AIMAN RAHMADANI
NPM : 26215983
KELAS :
1EB02
DOSEN PEMBIMBING : TITI
AYEM LESTARI
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN AKUNTANSI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015
KATA
PENGANTAR
Segala puji dan syukur
kita panjatkan kepada Tuhan YME. Diantara sekian banyak nikmat Tuhan YME
,sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas Pengantar
Bisnis ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan
dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang
diberikan oleh guru pada mata kuliah pengantar bisnis.
Dalam proses penyusunan
tugas ini saya menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai
pihak, akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh
karena itu melalui kesempatan ini saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan
setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu sehingga
tugas pembuatan proposal ini
terselesaikan.
Jakarta,
07 Oktober 2015
Penyusun
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Saat
ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien.
Contohnya dalam hal penyiapan kue. Biasanya mereka lebih memilih untuk membeli dari
pada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun
memang sedikit mahal. Berbagai usaha makanan memang bermunculan sesuai dengan
perkembangan kebutuhan masyarakat. Salah satu jenis makanan yang banyak
diminati oleh konsumen secara luas adalah kue kering. Banyak hal yang
menjadikan panganan ini sebagai salah satu primadona makanan manis, misalnya
sangat cocok untuk cemilan ataupun pengganjal perut. Selain dapat dikonsumsi
oleh orang dewasa, makanan satu ini juga banyak dikonsumsi oleh anak-anak dan
remaja. Sehingga dari berbagai lapisan masyarakat sebagian besar menyukai kue
kering. Atas dasar pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat
usaha produksi kue kering.
Dalam
memulai memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali
harus diketahui adalah peluang pasar dan bagaimana menggaet minat para
konsumen. Bagaimana peluang pasar yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan
bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus
mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana
kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan,
dan kualitas. Yang ketiga adalah persiapkan mental dan keberanian memulai
usaha. Singkirkan hambatan psikologis, rasa malu, takut gagal dan perang
batain antara berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa harus siap
menghadapi resiko,dimana reasiko bisnis adalah untung atau rugi.
1.2 Visi dan Misi
Visi : Untuk
memberikan variasi rasa baru untuk kue kering serta style baru yang unik
pada kue kering untuk memuaskan para
konsumen.
Misi : Memberikan
dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi
kepuasaan pelanggan.
1.3 Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Dalam perusahaan ini bergerak di bidang perdagangan yang
menjual bermacam-macam model kue kering dengan beragam motif serta selera
masyarakat, khususnya untuk kaum remaja.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka
kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami
akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional
maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
BAB
II
DESKRIPSI
UMUM PERUSAHAAN
2.1. Nama dan
Alamat Perusahaan
Nama perusahaan : Kue Kering Indah
Alamat perusahaan : Jl. Margonda Raya, No. 44 Depok–
Jawa Barat
No. Telp : (021)7272588
2.2 Nama dan Alamat Pemilik
Nama
pemilik
|
:
|
Ummu Aiman Rahmadani
|
Alamat pemilik
|
:
|
Jl. Lenteng Agung RT 05 RW 01, NO.
14 Jagakarsa - Jakarta Selatan
|
No. Telp
|
:
|
083876993007
|
2.3 Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan suatu tempat yang strategis di Jl.
Margonda Raya Depok karena terdapat banyak deretan ruko perbelanjaan sehingga
banyaknya para konsumen yang berlalu lalang untuk berbelanja, lokasi kue kering
indah juga mudah terlihat karena lokasi perusahaan berada di pinggir jalan raya
sehingga dapat dengan mudah dilihat, dicari dan didatangi oleh para pembeli /
konsumen.
BAB
III
RENCANA
PRODUKSI
3.1 Produk yang dihasilkan
Dalam sehari penjualan kue kering ini
menghabiskan sampai 15 box kue dengan 2 toples kue kering dalam 1 boxnya, adapun
kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkanmemiliki beberapa keunggulan
berupa bahan baku kue berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen
dengan harga yang murah, bermacam-macam bentuk kue dengan rasa baru yang
bervariasi dan style ataupun bentuk kue yang up to date dan menarik, tahan lama
dengan menggunakan bahan pengawet yang alami.
3.2 Proses Produksi
Proses produksi yang kami jalankan dalam perusahaan Kue
Kering Indah ini dapat dilihat pada
bagan berikut :
1.Panaskan oven pada suhu 180º C,
2.Kocok mentega, gula, garam hingga mengembang dan pucat, kemudian
masukkan telur, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang,
3.Masukkan tepung terigu dan coklat bubuk secara bergantian, sambil diaduk hingga rata,
4.Tuang ke dalam loyang cupcakes dan panggang hingga matang selama 30 menit,
5.Angkat kemudian dinginkan.
6.Desain bentuk kue kering dengan model yang diinginkan.
3.3 Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku kue, kami mengambil dari
supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas kue dengan
tekstur dan model kue yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu
tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang
membelinya.
3.4 Keunggulan Produk
a.
Serbaguna
Kue kering memiliki berbagai
keistimewaan dibandingkan kue yang lainnya, karena dapat disajikan dengan
berbagai rasa serta mudah dan tahan lama. Kue kering sangat praktis, karena mudah
disusun sehingga bentuknya terlihat menarik dan cukup dikemas dalam wadah kotak
atau plastik mika. Dapat dijadikan cemilan dirumah maupun di hidangkan untuk
tamu yang akan berkunjung kerumah. Dapat dijadikan oleh- oleh karena kue kering
sangat mudah dan praktis untuk dibawa kemana- mana.
b. Laris.
Sebagian besar masyarakat sering
mengkonsumsi kue kering. Kue kering layaknya kue-kue yang acap kali ditemukan
di bakery-bakery tiap daerah. Kue kering dapat disajikan sebagai oleh-oleh dan
acara seperti pesta, yang sangat praktis dan tidak merepotkan. Oleh karena itu kue
kering sangat digemari penikmatnya.
c. Trendi.
Sekarang ini kue kering ada di
mana–mana, terlihat dari beberapa contoh di sejumlah media. penataannya cukup
banyak pilihan dan tampil memukau. Apalagi ketika ditumpuk bersama-sama pada
setiap lapisan tempat kue yang menarik, maka tampilan kue kering akan sangat mengesankan.
d.
Mudah dibuat
Bagi baker atau pembuat kue yang
berpengalaman, maka kue kering dapat dibuat beberapa minggu sebelumnya. Dan
tidak perlu khawatir akan keutuhan dan rasa yang terdapat pada kue kering
karena kue kering sangatlah mudah dalam bentuk pembuatan maupun penyajian.
BAB
IV
ASPEK
PEMASARAN
4.1
Analisis Pasar
Target
pasar merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Adapun beberapa contoh dari
pasar yang telah dapat dijangkau peluang pasarnya ialah seperti
sekolah-sekolah, koperasi usaha di wilayah tertentu, bahkan bisa dengan
memasuki pasar besar. Yakni dengan membuka toko stand atau toko khusus yang
menyediakan produk untuk pembuatan kue kering indah dengan menyediakan layanan pesan antar
(delivery), atau meskipun tidak mendirikan stand sendiri,minimal bisa
memasukkan produk kita kedalam stand kue lain yang strategis, demi kelancaran
pemasaran produk ini. Sehingga analisis pasar maupun target pasar dapat dicapai
dengan hasil maksimal.
4.2 Segmentasi Pasar
Dalam memasarkan produk kue kering
ini, perlu dilakukan segmentasi terhadap calon konsumen yang ada sehingga pasar
yang dituju jelas dan terarah.
a.
Lokasi target pemasaran
1.
Sekolah-sekolah
2.
Toko oleh-oleh
3.
Koperasi kantor pemerintah
4.
Stand kue dan tempat tongkrongan
b.
Target Pelanggan
1. Siswa sekolah dan mahasiswa
2. Masyarakat umum bawah, menengah, dan ½ atas.
3. Konsumen dengan kepentingan / hajat
4. Konsumen usia anak-anak, remaja dan dewasa
4.3 Strategi Pemasaran
Ada beberapa strategi yang dapat adilakukan demi menunjang keberhasilan produk kue kering indah agar lebih dikenal dan dipercaya oleh masyarakat luas antara lain:
Ada beberapa strategi yang dapat adilakukan demi menunjang keberhasilan produk kue kering indah agar lebih dikenal dan dipercaya oleh masyarakat luas antara lain:
1. Melakukan promosi dari mulut kemulut, diawali
dengan promosi diwilayah tempat usaha kita.
2. Memasang iklan, tidak perlu terlalu luas
jangkauannya, cukup dengan menggiring konsumen untuk tertarik dan membeli
produk kita.
3. Dan yang paling terpenting yaitu memberikan
suatu kemasan yang unik dan berkesan mewah sehingga membuat konsumen semakin
tertarik untuk membeli.
4. Menjual nilai keunikan produk dengan
menonjolkan ke-khasan yang ada pada kue kering ini, baik dari segi rasa,
bentuk, kemasan dan harga yang disesuaikan dengan segmentasi konsumen.
5. Memanjakan konsumen dengan berbagai
cara, salah satunya dengan memberikan layanan jenis kue yang bisa di custom
sesuai dengan keinginan konsumen
BAB
V
ASPEK
FINANSIAL
5.1 Kebutuhan Dana
Rincian
dana yang perlu diperhatikan dalam mengelola bisnis kue kering indah ini ialah
sebagai berikut:
v
Inventaris
Sewa Gedung Rp. 15.000.000/ tahun
No. Perlatan Quantitas Harga Jumlah
1. Panci
besar 2 50.000 100.000
2. Stand
mixer 2 150.000 300.000
3. Loyang
15
7.000 105.000
4. Timbangan
2 50.000 100.000
5. Wadah
adonan 5
10.000 50.000
Total Rp. 655.000
v Bahan baku untuk
1 box = 2 toples / 100 potong kue
No. Bahan baku Quantitas Harga Jumlah
1. Telur 6 2000 12000
2. Sp & baking soda
1 sdt - 2000
3. Gula 5 ons
2000 10000
4. Vanili 3 buah
1000 3000
5. Mentega 350 gr - 5500
6. Coklat blok 2 ons - 15000
7. Tepung terigu 4 ons - 5000
8. Susu coklat 2 sch
3000 6000
9. Coklat bubuk 1 ons - 2500
10. Butter cream 1 ons - 2000
11. Topping (misis/keju) secukupnya - 2000
Total Rp.
65.000
Biaya
Pemasaran dan Promosi
a. Biaya iklan dan pembuatan brosur Rp. 850.000
b. Biaya ongkos angkut Rp. 1.000.000
Total Rp. 1.850.000
5.2 Biaya Operasional
Adapun
biaya-biaya yang harus dikeluarkan dalam rangka operasional perusahaan ialah sebagai berikut:
Sewa Gedung selama 1 thn Rp. 15.000.000
Peralatan Rp.
650.000
Biaya bahan baku untuk 500 box kue kering Rp 32.500.000
Biaya iklan dan pemasaran Rp 1.850.000
Total
Rp 50.000.000
5.3 Estimasi Pendapatan
Berdasarkan pada biaya operasional yang telah tercantum di
atas, maka dapat ditentukan harga dasar yang memungkinkan untuk satu toples kue
kering indah ialah sebesar:
Rp
32.500.000 : 1000 toples = Rp 32.500 /
toples
Maka
dari harga dasar tersebut dapat ditentukan harga jual yang sesuai, yakni
Rp
40.000/ toples dan Rp. 80.000/ box
Keuntungan
dari tiap toples kue kering yaitu Rp. 7.500
Sehingga
pendapatan yang diperoleh ialah:
Pendapatan
perhari Rp 40.00 x 10 toples Rp
400.000
Pendapatan
per minggu Rp 400.000 x 7 hari Rp
2.800.000
Pendapatan
per bulan Rp 2.800.000 x 30
hari Rp 84.000.000
BAB
VI
PENUTUP
Demikianlah
proposal bisnis ini saya buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat
bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa kami mengucap syukur kepada Tuhan YME
karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan proposal
bisnis kami. Dan tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak
yang telah ikut membantu.
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha kue kering ini. Dengan selesainya proposal usaha bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.
Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha kue kering ini. Dengan selesainya proposal usaha bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.
Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar