Sabtu, 10 Oktober 2015


PENGANTAR BISNIS
PROPOSAL USAHA KUE KERING



Disusun Oleh :

           NAMA                                    : UMMU AIMAN RAHMADANI
           NPM                                       : 26215983
           KELAS                                   : 1EB02
           DOSEN PEMBIMBING   : TITI AYEM LESTARI


FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN AKUNTANSI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015




KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan YME. Diantara sekian banyak nikmat Tuhan YME ,sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas Pengantar Bisnis  ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru pada mata kuliah pengantar bisnis.
Dalam proses penyusunan tugas ini saya menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu sehingga tugas pembuatan proposal ini  terselesaikan.


  
                                                                                                                     Jakarta, 07 Oktober 2015


                                                                                                           Penyusun




BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar belakang
            Saat ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan kue. Biasanya mereka lebih memilih untuk membeli dari pada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Berbagai usaha makanan memang bermunculan sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat. Salah satu jenis makanan yang banyak diminati oleh konsumen secara luas adalah kue kering. Banyak hal yang menjadikan panganan ini sebagai salah satu primadona makanan manis, misalnya sangat cocok untuk cemilan ataupun pengganjal perut. Selain dapat dikonsumsi oleh orang dewasa, makanan satu ini juga banyak dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja. Sehingga dari berbagai lapisan masyarakat sebagian besar menyukai kue kering. Atas dasar  pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat usaha produksi kue kering.
            Dalam memulai memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan bagaimana menggaet minat para konsumen. Bagaimana peluang pasar yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan, dan kualitas. Yang ketiga adalah persiapkan mental dan keberanian memulai usaha. Singkirkan hambatan psikologis, rasa malu, takut gagal dan perang batain  antara berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko,dimana reasiko bisnis adalah untung atau rugi.

1.2   Visi dan Misi
     Visi             : Untuk memberikan variasi rasa baru untuk kue kering serta style baru yang unik
                          pada kue kering untuk memuaskan para konsumen.
     Misi            : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi
                          kepuasaan pelanggan.

1.3   Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Dalam perusahaan ini bergerak di bidang perdagangan  yang menjual bermacam-macam model kue kering dengan beragam motif serta selera masyarakat, khususnya untuk kaum remaja.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.



BAB II
DESKRIPSI UMUM PERUSAHAAN

       2.1.  Nama dan Alamat Perusahaan
 Nama perusahaan       :  Kue Kering Indah
 Alamat perusahaan     :  Jl. Margonda Raya, No. 44 Depok– Jawa Barat
 No. Telp                     :  (021)7272588

       2.2   Nama dan Alamat Pemilik
 Nama pemilik           
:
Ummu Aiman Rahmadani
 Alamat pemilik
:
Jl. Lenteng Agung RT 05 RW 01, NO. 14 Jagakarsa - Jakarta Selatan
 No. Telp
:
083876993007

       2.3   Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan suatu tempat yang strategis di Jl. Margonda Raya Depok karena terdapat banyak deretan ruko perbelanjaan sehingga banyaknya para konsumen yang berlalu lalang untuk berbelanja, lokasi kue kering indah juga mudah terlihat karena lokasi perusahaan berada di pinggir jalan raya sehingga dapat dengan mudah dilihat, dicari dan didatangi oleh para pembeli / konsumen.



BAB III
RENCANA PRODUKSI

       3.1   Produk yang dihasilkan
                   Dalam sehari penjualan kue kering ini menghabiskan sampai 15 box kue dengan 2 toples kue kering dalam 1 boxnya, adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkanmemiliki beberapa keunggulan berupa bahan baku kue berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen dengan harga yang murah, bermacam-macam bentuk kue dengan rasa baru yang bervariasi dan style ataupun bentuk kue yang up to date dan menarik, tahan lama dengan menggunakan bahan pengawet yang alami.

       3.2   Proses Produksi
            Proses produksi yang kami jalankan dalam perusahaan Kue Kering Indah  ini dapat dilihat pada bagan berikut :
     1.Panaskan oven pada suhu 180º C,
     2.Kocok mentega, gula, garam hingga mengembang dan pucat, kemudian masukkan telur, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang,
     3.Masukkan  tepung  terigu  dan  coklat  bubuk  secara  bergantian,  sambil diaduk hingga rata,
     4.Tuang ke dalam loyang cupcakes dan panggang hingga matang selama 30 menit,
     5.Angkat kemudian dinginkan.
     6.Desain bentuk kue kering dengan model yang diinginkan.

       3.3   Sumber-sumber Produk / Bahan
            Untuk sumber-sumber bahan baku kue, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas kue dengan tekstur dan model kue yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.

3.4   Keunggulan Produk
            a. Serbaguna
Kue kering memiliki berbagai keistimewaan dibandingkan kue yang lainnya, karena dapat disajikan dengan berbagai rasa serta mudah dan tahan lama. Kue kering sangat praktis, karena mudah disusun sehingga bentuknya terlihat menarik dan cukup dikemas dalam wadah kotak atau plastik mika. Dapat dijadikan cemilan dirumah maupun di hidangkan untuk tamu yang akan berkunjung kerumah. Dapat dijadikan oleh- oleh karena kue kering sangat mudah dan praktis untuk dibawa kemana- mana.
            b. Laris.
Sebagian besar masyarakat sering mengkonsumsi kue kering. Kue kering layaknya kue-kue yang acap kali ditemukan di bakery-bakery tiap daerah. Kue kering dapat disajikan sebagai oleh-oleh dan acara seperti pesta, yang sangat praktis dan tidak merepotkan. Oleh karena itu kue kering sangat digemari penikmatnya.
            c. Trendi.
Sekarang ini kue kering ada di mana–mana, terlihat dari beberapa contoh di sejumlah media. penataannya cukup banyak pilihan dan tampil memukau. Apalagi ketika ditumpuk bersama-sama pada setiap lapisan tempat kue yang menarik, maka tampilan kue kering  akan sangat mengesankan.
            d. Mudah dibuat
Bagi baker atau pembuat kue yang berpengalaman, maka kue kering dapat dibuat beberapa minggu sebelumnya. Dan tidak perlu khawatir akan keutuhan dan rasa yang terdapat pada kue kering karena kue kering sangatlah mudah dalam bentuk pembuatan maupun penyajian.




BAB IV
ASPEK PEMASARAN
       4.1   Analisis Pasar
            Target pasar merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Adapun beberapa contoh dari pasar yang telah dapat dijangkau peluang pasarnya ialah seperti sekolah-sekolah, koperasi usaha di wilayah tertentu, bahkan bisa dengan memasuki pasar besar. Yakni dengan membuka toko stand atau toko khusus yang menyediakan  produk untuk pembuatan kue kering indah dengan menyediakan layanan pesan antar (delivery), atau meskipun tidak mendirikan stand sendiri,minimal bisa memasukkan produk kita kedalam stand kue lain yang strategis, demi kelancaran pemasaran produk ini. Sehingga analisis pasar maupun target pasar dapat dicapai dengan hasil maksimal. 

4.2   Segmentasi Pasar
            Dalam memasarkan produk kue kering ini, perlu dilakukan segmentasi terhadap calon konsumen yang ada sehingga pasar yang dituju jelas dan terarah.

            a.   Lokasi target pemasaran           
            1.  Sekolah-sekolah
            2.  Toko oleh-oleh
            3.  Koperasi kantor pemerintah
            4.  Stand kue dan tempat tongkrongan

            b.   Target Pelanggan
            1.  Siswa sekolah dan mahasiswa
            2.  Masyarakat umum bawah, menengah, dan ½ atas.
            3.  Konsumen dengan kepentingan /   hajat
            4.  Konsumen usia anak-anak, remaja dan dewasa


4.3   Strategi Pemasaran
            Ada beberapa strategi yang dapat adilakukan demi menunjang keberhasilan produk kue kering indah agar lebih dikenal dan dipercaya oleh masyarakat luas antara lain:
1.  Melakukan promosi dari mulut kemulut, diawali dengan promosi diwilayah tempat usaha kita.
2.  Memasang iklan, tidak perlu terlalu luas jangkauannya, cukup dengan menggiring konsumen untuk tertarik dan membeli produk kita.
3.  Dan yang paling terpenting yaitu memberikan suatu kemasan yang unik dan berkesan mewah sehingga membuat konsumen semakin tertarik untuk membeli.
4.  Menjual nilai keunikan produk dengan menonjolkan ke-khasan yang ada pada kue kering ini, baik dari segi rasa, bentuk, kemasan dan harga yang disesuaikan dengan segmentasi konsumen.
5.   Memanjakan konsumen dengan berbagai cara, salah satunya dengan memberikan layanan jenis kue yang bisa di custom sesuai dengan keinginan konsumen






BAB V
ASPEK FINANSIAL

5.1   Kebutuhan Dana
            Rincian dana yang perlu diperhatikan dalam mengelola bisnis kue kering indah ini ialah sebagai berikut:

v  Inventaris

Sewa Gedung  Rp. 15.000.000/ tahun

No.      Perlatan           Quantitas        Harga          Jumlah
1.         Panci besar              2              50.000       100.000
2.         Stand mixer             2            150.000       300.000
3.         Loyang                   15               7.000       105.000
4.         Timbangan              2              50.000       100.000
5.         Wadah adonan        5              10.000          50.000
            Total                                                   Rp. 655.000

v  Bahan baku untuk 1 box = 2 toples / 100  potong kue
No.      Bahan baku                 Quantitas            Harga           Jumlah
1.         Telur                                  6                   2000              12000
2.         Sp & baking soda           1 sdt                    -                   2000
3.         Gula                               5 ons                2000              10000
4.         Vanili                            3 buah              1000                3000
5.         Mentega                        350 gr                   -                   5500
6.         Coklat blok                    2 ons                   -                 15000
7.         Tepung terigu                 4 ons                    -                  5000
8.         Susu coklat                     2 sch                3000                6000
9.         Coklat bubuk                 1 ons                   -                    2500
10.       Butter cream                  1 ons                   -                    2000
11.       Topping (misis/keju)    secukupnya           -                   2000
            Total                                                                     Rp. 65.000

Biaya Pemasaran dan Promosi
a.         Biaya iklan dan pembuatan brosur                         Rp.      850.000
b.         Biaya ongkos angkut                                              Rp.   1.000.000
            Total                                                                       Rp.   1.850.000


5.2   Biaya Operasional
            Adapun biaya-biaya yang harus dikeluarkan dalam rangka operasional perusahaan  ialah sebagai berikut:
   Sewa Gedung selama 1 thn                                                  Rp. 15.000.000
   Peralatan                                                                               Rp.      650.000
   Biaya bahan baku untuk 500 box  kue kering                      Rp  32.500.000
   Biaya iklan dan  pemasaran                                                  Rp    1.850.000
      Total                                                                                     Rp  50.000.000

5.3   Estimasi Pendapatan
            Berdasarkan  pada biaya operasional yang telah tercantum di atas, maka dapat ditentukan harga dasar yang memungkinkan untuk satu toples kue kering indah  ialah sebesar:
Rp 32.500.000 : 1000 toples  = Rp 32.500 / toples
Maka dari harga dasar tersebut dapat ditentukan harga jual yang sesuai, yakni
Rp 40.000/ toples dan Rp. 80.000/ box
Keuntungan dari tiap toples kue kering yaitu Rp. 7.500
Sehingga pendapatan yang diperoleh ialah:
Pendapatan  perhari                Rp 40.00 x 10 toples               Rp         400.000
Pendapatan  per minggu         Rp 400.000 x 7 hari                Rp      2.800.000
Pendapatan  per bulan             Rp 2.800.000 x 30 hari           Rp    84.000.000 






BAB VI
PENUTUP
            Demikianlah proposal bisnis ini saya buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa kami mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan proposal bisnis kami. Dan tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu.
            Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha kue kering ini. Dengan selesainya proposal usaha bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini. 
Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar